Wednesday 21 May 2014

Bye Bye Tokobagus.com

 
Lagi-lagi berita mengejutkan dunia gadget setelah berita dibelinya Nokia oleh Microsoft, kini berita lumayan mengagetkan dari Indonesia tentang di tutupnya situs tokobagus.com. Bukan karena kasus, bukan karena bangkrut, tapi karena ganti nama dan pindah link.


Ceritanya pada tahun 2010 silam, perusahaan asal Afrika Selatan yang bernama Naspers berinvestasi di Indonesia melalui tokobagus. Perusahaan itu juga sudah berinvestasi di banyak negara dibidang e-commerce atau jualan online yang diberi nama OLX . Nah baru tahun ini tokobagus dipermak sesuai keinginan sang investor, dari tokobagus.com menjadi OLX.co.id.

Sebenarnya saat ini domain tokobagus.com tidak dimatikan, melainkan dialihkan ke olx.co.id. Jadi saat sodara membuka tokobagus, maka yang terbuka adalah olx. Juga dipastikan tampilan atau tata cara pasang iklan tidak berubah. Akun yang sudah terdaftar juga tidak terpengaruh, karena ini murni hanya ganti nama.

Lalu bagaimana kelanjutan hidup situs jual-beli nomer 1 di Indonesia ini?
Kalau menurut m-site sih tidak berpengaruh. Karena saat melakukan pencarian di search engine, user akan disajikan iklan yang ada di tokobagus namun langsung diarahkan ke olx saat dibuka. Tapi m-site yakin masyarakat akan canggung dengan nama baru ini, apalagi bermunculan layanan serupa misal berniaga.com yang dari nama sangat mudah diingat dan familiar bagi telinga warga Indonesia. 

Tokobagus, selamat tinggal... Namamu yang sudah terlanjur melegenda akhirnya terkubur juga..

No comments:

Post a Comment