Saturday 17 May 2014

Air Terjun Sekar Langit, Kolam Bidadari Yang Tercampakan

Waktu liburan tiba, saatnya jalan-jalan mengunjungi tempat wisata di tanah air.
Karena jalan-jalan kali sudah di temani si pulsy yang siap mengantar m-site mengunjungi keindahan indonesia, kali ini m-site akan mengunjungi beberapa tempat dalam sekali perjalanan. multi trip gitu . . . :-D

Kali ini kota Magelang yang akan msite eksplorasi bersama si pulsy. Dan trip pertama adalah curug sekar langit. Berada di desa Telogorejo, kecamatan Grabag, kabupaten Magelang, merupakan yang terdekat dari lokasi m-site tinggal. berikut denah lokasinya.






Akses jalan sangat mudah walaupun saat itu ada pekerjaan perbaikan jalan di beberapa titik, banyak plang penunjuk jalan menuju lokasi wisata. Saat browsing di internet untuk menggali informasi air terjun ini, msite disuguhi hasil foto-foto indah air terjun yang masih alami. Yang menurut legenda setempat, air terjun inilah yang dahulu kala menjadi tempat favorite bidadari untuk mandi. Jadi semakin penasaran seindah apa air terjun ini sehingga para bidadari pun tertarik untuk mandi di sana. (kali aja pas kesana nemu bidadari lagi mandi :-D )

Sesampainya di lokasi, halaman parkir lumayan luas karena berupa lapangan walaupun tidak terlampau besar. Beli tiket masuk pada loket seharga 8.000,- rupiah + parkir motor 2.000,- rupiah. Dari loket tiket kita masih harus jalan lagi sekitar +/- 1 km, dengan jalan yang sudah di cor sehingga pengunjung dapat berjalan dengan mudah. Disuguhi pemandangan yang indah ala pegunungan, wis lah pokok'e mantep pemandangan'e.


Namun semakin dekat dengan air terjun pemandangan semakin berubah, semakin tidak nyaman dilihat dan hilang sudah keindahan yang sebelumnya terbayang-bayang. Entah memang begitu adanya ataukah barusaja terjadi sesuatu dengan tempat ini. Sampah berserakan disetiap aliran air tersangkut di bebatuan ataupun ranting yang berada pada aliran sungainya.
Dimana kolam bidadari yang konon indah mempesona? sekarang dipenuhi sampah yang bersurakan. Msite pikir tempat ini tidak lebih bersih dari kali di desa tempat msite tinggal. Yang lebih membuat bingung sebenarnya darimana sampah-sampah itu? banyaknya bukan main dan benar-benar tidak layak sebuah tempat wisata dipenuhi sampah seperti ini. coba lihat photonya.



Tapi yang namanya kecantikan tak akan bisa di sembunyikan. Walaupun dipenuhi sampah yang sangat mengganggu, tetap saja air terjun ini memiliki keindahan yang luar biasa. Sayangnya saat berkunjung kesana air'nya sedang keruh sehingga lagi-lagi keindahannya sedikit berkurang. Kalau dipikir-pikir mungkin air terjun ini tidak berasal langsung dari mata airnya, melainkan sudah berupa sungai yang kebetulan posisinya curam sehingga terbentuk air terjun. Dan sampah-sampah itu mungkin berasal dari warga yang tinggal di pinggir sungai bagian atas yang hanyut terbawa arus. Jika ditangani dengan baik, tempat wisata ini sungguh amat potensial. Tinggal bagaimana kita merawat anugrah tuhan yang begitu indah ini.....

Setelah trip pertama di Sekar Langit ini, akan ada trip 2 dan 3... selengkapnya di artikel selanjutnya...



2 comments:

  1. si pussy? siapa tuh om? namanya kok hihihi.. bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aslinya itu nama NS ane gan, tapi untuk menghindari salah penafsiran,..ane ubah lg deh.. soalnya kalo di translate dr bhasa inggris jadi jorok kesannya.. Wkwkwkwk

      Delete