Tuesday 12 January 2016

Goa Pancur Jimbaran, Kabupaten Pati

Sebagai orang yang suka jalan-jalan ke tempat wisata alam, sebenarnya saya sedikit "kecewa" dengan kota kelahiran karena minimnya destinasi wisata disini. Tapi ya mau bagaimana lagi, Demak adalah kota kelahiran tercinta yang tetap saya banggakan. Tetap bersyukur karena telah dilahirkan di negeri yang maha indah ini. Mencari beberapa referensi tempat wisata alam yang unik, ternyata kabupaten Pati yang notabennya masih tetanggan dengan kabupaten Demak memiliki banyak destinasi wisata yang cukup menarik perhatian. Salah satu yang membuat saya tertarik adalah Goa Pancur Jimbaran, karena bisa dibilang paling dekat dengan kediaaman saya dibandingkan dengan destinasi yang lain.

pengunjung ramai berdatangan di hari libur

Ini adalah Goa ke-dua yang pernah saya kunjungi setelah sebelumnya pernah berkunjung ke Goa Sunyaragi di Cirebon. Berbeda dengan Goa Sunyaragi yang aslinya adalah Goa buatan yang diperuntukkan sebagai tempat istirahat para Raja, Goa Pancur Jimbaran di Pati merupakan Goa alami yang terbentuk oleh alam. Tentunya akan ada tetesan air dari stalagmit dan dinding Goa.
Terletak di desa Jimbaran, Kec. Kayen, Kab. Pati. Akses jalan menuju lokasi sudah sangat baik dengan aspal baru yang masih mulus. Untuk koordinat lokasinya silahkan buka digoogle maps koordinat berikut : -6.925950, 110.978596

di dalam goa pancur jimbaran
Tiket masuk sebesar Rp.3000 rupiah/orang saya rasa cukup ekonomis, dengan tambahan tiket parkir Rp.2000 rupiah/motor kita sudah bisa berfoto ria sambil menikmati keindahan Goa Pancur ini. Di beberapa situs disebutkan harga untuk tour menyusuri goa sebesar 25.000/orang, kita bisa melihat jauh kedalam goa. Ketika berkunjung kesana ada sekelompok yang mungkin siswa sekolah masuk kedalam goa didampingi instrukturnya, mungkin teman-teman semua ada yang tertarik? kalau aku mah diluar saja lah... :-D
Goa Pancur Jimbaran pernah mendapat pengelolaan dari pemerintah, sehingga fasiltas yang ada cukup lengkap seperti Gazebo, taman bermain anak, toilet, dll. Jadi jangan ragu jika hendak berkunjung kemari.

pemandangan dari bukit diatas Goa Pancur Jimbaran
Di atas goa pancur ini terdapat sebuah bukit yang bisa kita naiki untuk melihat pemandangan alam sekitar goa. Oleh penduduk sekitar bukit ini ditanami jagung yang membuat pemandangan menjadi lebih asri dan hijau, cocok untuk berfoto ria tentunya.
selfie bareng diatas bukit goa
Sebenarnya ada goa lain di sekitar goa pancur ini, tapi urung saya kunjungi karena saat itu hari sudah sore...mungkin lain kali jika ada kesempatan.

Mari budayakan traveling sehat dengan bertingkah laku baik di tempat wisata, membuang sampah pada tempatnya, dan share dengan teman yang lain.
kalau artikel ini membantu mohon share dengan teman yang lain, atau klik halaman berikut untuk melihat artikel yang lain. Terima kasih ....


No comments:

Post a Comment