Wednesday 11 July 2012

Install CWM Recovery di Xperia Mini st15i

assalamualaikum....


Bosen nih sama stock rom yang gitu-gitu mulu....
jadi pengen nyoba rasanya ROM bikinan kawand-kawand. :D

Recovery Mode dibutuhkan untuk backup/restore atau install update sistem. begitu juga dalam install custom ROM. Para master, dalam membuat custom rom (cusrom) biasanya disesuaikan dengan recovery mode yang ada pada ponsel itu sendiri. Setahu saya ada beberapa recovery mode yang ada di smartphone android mulai dari recovery bawaan pabrikan, CWM recovery, Xrecovery, dll.
Saat kita menginstall rom tipe CWM maka akan berbeda hasil atau akan crash saat kita install melalui Xrecovery karena ketidak cocokan dalam sistem recovery mode. Oleh karena itu dalam satu ponsel biasanya hanya dikembangkan satu recovery mode saja. 
Recovery mode yang paling banyak digunakan adalah CWM, karena begitu banyaknya cusrom yang dikembangkan diatas recovery ini. dan kali ini kita akan coba install cwm tersebut di xperia mini.

secara default/bawaan xperia mini tidak memiliki recovery mode, tidak seperti ponsel seri galaxy samsung yang langsung terdapat recovery mode sehingga memudahkan dalam update system. tapi jangan berkecil hati karena sangatlah mudah untuk menginstall CWM di xperia mini.

yuk siapin bahan bumbunya :

1. PC/Laptop dengan sistem operasi windows
2. CWM yang bisa kamu dapatkan di pusat download.
3. kabel USB yang kompatibel dengan xperia mini.

EKSEKUSI :

0. Pertama setting ponsel kamu dalam mode debug usb. caranya silahkan masuk setting-applications-development-centang USB debugging.



1. Hubungkan ponsel kekomputer via USB.
2. Ekstrak CWM yang sudah kamu download. didalamnya terdapat dua alikasi yaitu install-cwm1 dan install-cwm2. perlu diingat yang harus dibuka adalah install-cwm2 (untuk xperia mini, mini pro, lww, dan active). Install-cwm1 hanya untuk (xperia arc, dan neo).

3. Jika ada perintah press any key to continue, enter saja sampai proses selesai.

4. Dan xperia kamu telah terinstall CWM Recovery. gampang kan.
Untuk masuk ke mode recovery, saat kamu menyalakn ponsel dan muncul tulisan sony ericsson tekan berulang-ulang tombol volume down.


selamat mencoba..... (sukses di st15i saya).




pengantar diatas saya tulis berdasarkan percobaan yang saya lakukan dan bukan hasil referensi dari pihak manapun, mohon maaf jika salah dalam pengartian dan mohon pencerahannya sehingga kesalahan dapat diralat.

3 comments:

  1. Gan, setelah Install CWM Recovery koq gak bisa pakai smartkeyboard pro.. ??

    ReplyDelete
  2. gan.hp gw kenapa ngak mau nyala ya hbis di install CWM Recovery.
    cuma ada sony ericsson nya doank.

    ReplyDelete
  3. File udah ngk ad huumm

    ReplyDelete