Tuesday 4 June 2013

Seandainya Speed Network Operator Secepat Wi-Fi

Assalamualaikum....




Operator sellular apa yang sedang sodara pakai untuk smartphone saat ini? Seberapa kencang speed internet yang sodara dapatkan? Apakah sodara puas dengan apa yang sodara dapatkan?.

Selama lebih dari satu tahun m-site setia dengan satu operator karena tergoda dengan promo-promo seksinya, tapi semakin lama m-site merasa ada kemunduran kualitas dalam hal speed network. Kalau dulu saat pertama berlangganan speed bisa mencapai 150 kb/s sekarang hanya mentok di 80 kb/s saat download file. Kalaupun speed dari operator bisa mencapai 400 kb/s itu masih dirasa kurang untuk kebutuhan internet masa kini. Apalagi dengan kehadiran big data yang sudah mulai berjalan. Dimana manusia di jaman ini akan membutuhkan bandwidht lebih besar. Kalau dulu kuota 10 MB dirasa sudah lumayan besar, di jaman sekarang kuota sebesar itu dirasa sangat kecil.


Jika melihat speed internet diluar negeri, Indonesia masih tertinggal jauh bahkan berada di urutan kedua terakhir, hanya lebih baik dibanding Timor Leste yang notabennya negara baru lahir kemarin. Tapi tidak adil jika hanya menghakimi ketertinggalan Indonesia dibanding negara lain mengingat luas wilayah negara tercinta ini.
Tapi kemarin saat m-site iseng-iseng menyalakan wi-fi di tempat kerja dan alhamdulillah terkonect, m-site mencoba mendownload sebuah file berukuran 80 MB. Saat m-site melihat record speed network alangkah terkejutnya speed wi-fi tempat kerja ane sempat menyentuh 2,3 Mb/s. Kalau sodara pernah memakai aplikasi "speed test" di android, sebenarnya m-site sedikit ragu saat dicoba salah satu operator indonesia bisa menyentuh 1,5 Mb/s karena pada saat memakai aplikasi "speed network" hanya mentok di 250 kb/s.

Walaupun haya sekali lonjakan ke 2,3 Mb/s tetap saja speed seperti inlah yang diharapkan masyarakat supaya negara kita tercinta ini tidak kalah dengan negara sebelah. Dan alangkah indahnya jika speed internet Innonesia stabil di kecepatan 2 Mb/s.  :-D bisa download ROM dengan cepat donk....


hehe maaf kalau bahasanya acak-acakan, harap maklum baru belajar.
jangan tertipu dengan iklan yang bilangnya speed up to 7,2 Mb/s. Kita sudah bosan dibohongi iklan yang menarik di awal saja.
mari wujudkan internet sehat di Indonesia..
salam....

No comments:

Post a Comment