Thursday 3 October 2013

PT. Fajar Paper Kebakaran

Assalamualaikum...



Berita duka buat tempat kerja m-site, kemarin tanggal 2 Oktober 2013 PT. Fajar Surya Wisesa dilanda kebakaran hebat. Kejadian bermula pukul 1.30 siang dengan adanya api di salah satu gudang bahan baku pembuatan kertas. Namanya juga kertas, siang-siang panas kemudian terkena api, semua langsung tersambar dan ludes di lahap si jago merah. Siang itu angin sedang berhembus kencang sehingga memperburuk keaadaan. Rekan-rekan m-site yang ikut membantu memadamkan api tidak berdaya karena besarnya kobaran api yang disertai angin kencang dan panas.

Semua peralatan pemadam kebakaran disekitar lokasi dikerahkan untuk menjinakkan api, namun semuanya sia-sia, mobil pemadam yang ikut memadamkan juga seolah tak berguna. Gudang sudah terlanjur di penuhi api.


M-site sendiri baru ikut membantu memadamkan api setelah jam 4 sore karena baru mendapatkan instruksi dari atasan untuk meninggalkan pekerjaan dan ikut memadamkan api. Tujuan utamnya adalah mengantisipasi supaya bahan baku yang belum terbakar tidak ikut tersambar kobaran api. Semua bahan baku kertas kering disiram dengan air, dan sebagian mencoba menghalau api supaya tidak mendekat. Yang lebih menghawatirkan adalah jarak lokasi yang hanya berjarak sekitar 10 meter dengan gudang kertas jadi yang sudah siap jual, jika sudah terbakar, maka sudah bisa di pastikan api akan menghabisakan seluruh bahan baku dan kertas yang sudah jadi bahkan mungkinn masinnya juga. Apes tenan....

Sampai jam 9 malam m-site ikut bergotong-royong memadamkan api, namun karena badan yang sudah lelah setelah bekerja dari pagi, akhirnya m-site memutuskan untuk pulang dan dilanjutkan rekan-rekan lain yang baru masuk. Sampai m-site pulang api masih menggila dan menghabiskan apa yang ada didepannya.

Sampai sore ini tanggal 3 Oktober 2013, setelah 2 hari 1 malam kebakaran terjadi, terhitung masih ada titik api kecil yang masih menyala, walaupun tidak besar, tapi tetap saja berbahaya karena sewaktu-waktu bisa membesar mengingat masih ada bahan baku kertas yang masih belum terbakar.

Belum terungakap apa penyebab bisa muncul api di gudang bahan baku kertas itu (seluruh karyawan maupun tamu atau siapapun yang memasuki area pabrik dilarang membawa korek api atau pemantik api dalm bentuk apapun ). Walaupun disebut gudang, tapi itu hanyalah lapangan tebuka nan luas dan di penuhi tumpukan kertas bekas sebagai bahan baku pembuatan kertas (lebih dari 3Ha menurut m-site). Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, tapi kerugian diperkirakan mencapai - - - - - - - (jangn ngomongin kerugian ah, biar perusahaan yang mikir :-) )

Walau bagaimanapun m-site tetap berdoa supaya musibah ini lekas berakhir, dan semoga musibah ini bisa menjadi pelajaran bagi kita semua. Amin....

No comments:

Post a Comment