Friday 10 April 2015

Candi Gedong Songo "Maha Karya di Atas Gunung Ungaran"


Sudah pernah berkunjung ke Candi Borobudur di Magelang? Terakhir kali m-site kesana kondisinya masih sama, panas. :-D 
Tapi candi yang satu ini dijamin adem, sejuk, dan tak kalah eksotis. Mungkin anda akan menyewa payung seperti saat berada di candi borobudur, tapi bukan karena panas melainkan gerimis. Jangan membayangkan candi yang gede macam borobudur, karena candi yang satu ini merupakan komplek candi yang terpisah yang di bangun di atas gunung Ungaran.



Bagaimana dengan akses menuju lokasi? Dibandingkan dengan umbul sidomukti yang sama-sama terletak di lereng gunung Ungaran, Candi Gedong Songo lebih mudah di jangkau meskipun jaraknya lebih jauh jika anda dari arah Ungaran kota. Tidak terlalu menanjak dan jalan yang cukup luas untuk di lalui mobil. Namun di hari liburan parkiran mobil sering penuh, ada baiknya anda datang lebih pagi jika berniat membawa mobil. 
Lihat koordinat GPS google maps berikut:
koordinat GPS ( -7.2051557,110.3377801 )
Tiket masuk hanya Rp. 7500,- per orang, dan parkir sepeda motor 3000 rupiah dan penitipan helm 3000 rupiah, cukup ekonomis kan. 
Untuk mengunjungi semua candi, anda bisa berjalan kaki menyusuri jalan yang sudah di beton atau menyewa jasa kuda, tapi maaf m-site tidak mencoba jasa kuda jadi kurang tahu berapa ongkosnya. Kalau tidak salah sekitar 30 ribu/orang untuk keliling candi. m-site sendiri lebih senang berjalan kaki, disamping lebih sehat (hayah...padahal maksudnya biar ngirit), kegiatan berfoto-foto juga lebih puas dan leluasa. Dengan jasa sewa kuda anda juga bisa berfoto-foto karena petugas yang membawa kuda juga dengan senang hati menjadi fotografer dadakan untuk anda, tapi sensasinya tentu akan berbeda bukan. Bandingkan antara anda berfoto diatas kuda ditungguin penjaganya, dengan anda duduk berdua dengan pasangan di dekat candi sembari melihat keindahan alam gunung Ungaran yang sejuk. Itu juga kalau anda kesana membawa pasangan hehehe :-D


Saat m-site mengunjungi lokasi ini kondisi cuaca sedang mendung, dan kabut tebal menyelimuti area candi. Candi pertama yang akan di lalui adalah Candi Gedong I, Merupakan candi terdekat dengan gerbang masuk. Kemudian anda akan menjumpai Candi Gedong II, Candi Gedong III, kemudian ada perendaman air panas, Candi Gedong IV, dan terakhir Candi Gedong V. Berikut kira-kira alur yang akan di tempuh saat mengunjungi candi Gedong Songo.
alur perjalanan candi gedong songo
bapak penjual minuman
Saat hendak naik menuju candi Gedong IV dan V, m-site berfoto dengan backgroud bukit serta candi Gedong IV yang terlihat ujungnya. Kamera di timer 10 detik, m-site letakkan di bangku panjang. Ternyata aksi m-site ini menarik perhatian pengunjung lain yang spontan memberi candaan "wah kameranya saya ambil nih mas kok di tinggal di bangku", m-site jadi merasa geli mendengar candaan mereka. Tiba-tiba seorang bapak penjual minuman yang sejak awal duduk di bangku itu menghampiri dan berkata "mau foto berdua ya mas, biar saya yang fotoin mas". Merasa tidak enak m-site menolak dengan halus, tapi sang bapak memaksa dan akhirnya m-site mengiyakan tawaran beliau. 3x sang bapak mengambil gambar dengan komposisi berbeda, setelah selesai m-site melihat hasil bidikan bapak tadi. Ternyata bagus, setelah beberapa lama mengobrol ternyata sang bapak sudah 35 tahun mencari nafkah di tempat ini, sang bapak juga sering memotret pengunjung yang datang. Salut dengan bapak yang satu ini. M-site sempat bertanya sebenarnya ada berapa candi di tempat ini, sang bapak menjawab di tempat ini terdapat 5 kelompok 8 biji yang maksudnya ada 5 komplek (candi Gedong V)  dan 8 biji (8 buah candi yang masih berdiri). Jadi meskipun namanya Candi Gedong Songo tapi candi yang tersisa hanya ada 8 yang terpisah menjadi 5 kelompok.





Setelah puas berkeliling jangan lupa sempatkan untuk mampir di pusat cendra mata, banyak sekali suvenir unik yang bisa anda dapatkan disana. Mulai dari gantungan kunci 5000 dapat tiga, kaos seharga 30.000an, atau hasil kerajinan lain yng berbau candi Gedong Songo.
Bagi anda yang hendak berlibur ke tempat ini dan berniat berjalan kaki dari candi I hingga V, m-site sarankan siapkan stamina yang cukup dan jangan membawa barang yang terlalu berat. Jangan khawatir garing kehabisan cemilan atau minuman, di sepanjang jalan banyak penjual makanan, cemilan, minuman dengan harga yang tergolong hemat. 


Satu lagi, kalau anda memiliki penciuman yang sensitif ada baiknya anda membawa masker. Selain ada asap dan bau belerang saat melewati tempat berendam air panas, sepanjang jalan juga banyak kotoran kuda yang berceceran. Meskipun petugas meminggirkan kotoran tersebut tapi tetap ada bau yang cukup mengganggu. Catatan penting untuk pengelola.

Selamat berlibur... 

No comments:

Post a Comment