Thursday 16 April 2015

Review Ekstrim Xiaomi Redmi note

http://drop.ndtv.com/TECH/product_database/images/73201430851PM_635_xiaomi_redmi_note.jpeg

Tenang.... Yang m-site maksud Ekstrim disini bukan di banting atau di bakar, melainkan membongkar ponsel ini sehingga terlihat bagaimana jeroan smartphone okta core ini. Sebagai informasi, m-site mendapatkan smartphone ini di bulan November dari flash sale pertamanya di lazada.
Untuk performa sepertinya tidak perlu di bahas lagi, dengan spesifikasi diatas cukup, smartphone ini bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Bisa di bilang ini smartphone paling lancar yang pernah m-site beli (terakhir beli smultron aka xperia mini tahun 2012). :-D

Tapi ada beberapa cacat yang cukup mengganggu yang ada di smartphone ini. Saya sebut cacat karena tidak terjadi di semua produk melainkan hanya beberapa.

1. Layar Ujung Kiri Atas "mangap"
 
Baru kali ini juga beli ponsel kemudian layarnya mangap seperti mau lepas. Menurut pengamatan pribadi sepertinya ada konstruksi yang dipaksakan di posisi ini. Mungkin terlalu padat didalamnya sehingga layar tertekan keluar. 

2. Bintik Hitam di Kamera Depan. 

Bintik ini selalu berada di posisi yang sama. Sangat menggangu saat selfie karena hasil jepretan jadi sedikit ternoda.
Dan untuk menjawab rasa ingin tahu akan masalah tersebut, akhirnya m-site putuskan untuk membongkarnya demi melihat sisi dalam dari smartphone 2 juta kurang 1000 ini. 

Setelah membuka back cover serta melepas baterai, SIM card, serta Micro SD, m-site mulai menguliti ponsel ini. Satu demi satu baut di lepas dan akhirnya kerangka tengah bisa di buka.  Berikut penampakannya. 

motherboard xiaomi redmi note 3G
Ternyata motherboardnya kecil tidak selebar ukuran ponselnya. Sayang sekali untuk prosesornya di tutup plat dan di solder sehingga tidak bisa m-site buka karena tidak ada alat khusus blower. Tapi bisa dilihat kamera depan maupun belakang sudah menggunakan sistem socket. Sehingga mudah diganti jika terjadi kerusakan. Bahkan untuk microphone yang ukurannya sangat kecil juga menggunakan sistem socket. Nilai 9 untuk material yang digunakan.

kamera xiaomi redmi note (sistem socket)
 
layar redmi note mangap
board untuk charger dan microphone

Setelah membongkar dan melihat-lihat jeroan dari ponsel ini, tiba saatnya detik-detik yang mendebarkan.....ya, merakitnya kembali. 

* Untuk masalah pertama, m-site sudah memeriksa dan mencoba membuka bagian layar. tapi karena agak beresiko layar tidak jadi dibongkar. tapi bisa m-site ambil kesimpulan: Untuk merekatkan layar ke rangka tengah, pabrikan menggunakan double tape seperti pabrikan lain. double tape yang digunakan juga berkualitas bagus dan kuat, namun untuk sisi pojok kiri atas hanya terdapat sedikit ruang untuk double tape sehingga rawan terkelupas. Jadi untuk user yang tidak mengalami masalah ini, tetap wasapada karena masalah ini bisa terjadi kapan saja terlebih lagi jika terjatuh. m-site sendiri mengakalinya dengan manambahkan double tape lagi sehingga daya rekatnya lebih besar. Menggunakan lem juga bisa asal tidak berlebihan.

* Untuk massalah kedua, sudah m-site periksa kamera depan dan juga sudah di bersihkan. Tapi hasil bidikan tetap terdapat bintik hitam di lokasi yang sama sehingga bisa m-site ambil kesimpulan ini merupakan cacat produksi mengingat hanya m-site yang baru mengalaminya. Sudah di update software tapi masalah ini belum juga hilang. 

* Sebenarnya ada satu lagi masalah yang cukup mengganggu, saat di back cover di pasang akan terdengar suara "krek krek" dari sisi bawah ponsel. Ini mungkin karena ada ruang kecil antara batery dan cover sehingga tidak benar-benar rapat. Ini bisa diatasi dengan mengganjalkan kertas tipis antara batery dan cover. Tapi m-site lebih suka menambah aksesoris cover tambahan. Selain mempercantik tampilan ponsel dan menutupi cover putih yang aneh, dan menambah grip saat di genggam.

Kesimpulannya, Xiaomi Redmi Note dibekali komponen yang bagus dan konstruksi yang tidak asal-asalan, hanya saja untuk kepresisian xiaomi harus lebih meningkatkan lagi. Apalagi m-site sempat kecewa setelah kabel micro USB ori xiaomi rusak dalam waktu 2 minggu saja. kalah jauh dengan kabel USB buatan Sony Ericsson yang rusak setelah satu setengah tahun.
Tapi untuk harga yang sangat value, xiaomi redmi note adalah ponsel paling menggiurkan yang akhirnya m-site pilih.

8 comments:

  1. Jadi kl kamera depan ad bintik hitam. Masi bisa d benerin ato harus di ganti yaa mas?

    ReplyDelete
  2. Jadi kl kamera depan ad bintik hitam. Masi bisa d benerin ato harus di ganti yaa mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejauh ini setahu saya harus diganti kamera depannya.. Karena setelah saya bersihkan, dan update software tidak bisa mengatasi masalah bintik hitam..

      Delete
  3. gan boleh tnya kalau jalur lcd xiaomi redminote punya skemanya tidak?.. slnya ada jalur yang putus, trims

    ReplyDelete
  4. Mesinnya masih normal kah? Kali aja mau dijual lagi hehehe

    ReplyDelete
  5. Kalau pada layar terkadang muncul bercak warna itu kenapa ya..pdhl baru saya beli bbrapa hari yg lalu..seri Xiaomi 4A beli baru

    ReplyDelete
  6. @Lukman : masih normal bang, masih dipakkai juga 😁

    @bayu : kalau munculnya cuma kadang2, bisa ada 2 kemungkinan.. Coba diupdate software dlu, kalo masih muncul mending digaransiin aja bang..

    ReplyDelete