Monday 12 December 2016

Wisata Bahari Lamongan, Ancol Versi Jawa Timur

Pintu masuk Wisata Bahari Lamongan
Masih jelas terbayang kenangan dulu saat masih SMP ada tour wisata ke jakarta, dan salah satu tempat yang dikunjungi adalah dufan. Siapa yang tak kenal dunia fantasi (dufan), yang selalu jadi destinasi favorit bagi sekolah yang mengadakan tour wisata.
Tapi sekarang saya tidak sedang membahas dufan, melainkan WBL ( Wisata Bahari Lamongan).

Pertama kali tahu tentang destinasi yang satu ini adalah ketika seorang rekan yang memposting foto liburannya ke instagram, kok kelihatannya unik...karena dalam foto, mereka sedang berpose di depan patung kepiting raksasa. Berbekal rasa ingin tahu, akhirnya saya browsing mengenai lokasi, biaya, dan sebagainya.. Setelah berbulan-bulan, baru sekaranglah bisa kesampaian main ke WBL.


Jarak  dari rumah ke WBL sebenarnya lumayan jauh karena termasuk lintas propinsi, tapi jadi dekat karena sekarang sudah jadi anak perantauan di Sidoarjo..hehe :) Jarak dari rumah perlu 4 jam waktu tempuh, sedangkan jika dari Sidoarjo hanya perlu 1 setengan jam saja. 
Lantas seperti apa jeroan dari WBL ini?. Sebenarnya dari namanya pun sudah bisa ditebak jika wisata ini berkaitan dengan air. Dan memang benar, dulunya WBL ini adalah pantai tanjung kodok, yang kemudian dikembangkan dan di beri wahana-wahana permainan bak Ancol di jakarta.... Ada pantai, wahana permainan, Zoo dan Goa.

Sebenarnya saya sudah sedikit pesimis saat perjalanan menuju lokasi karena kondisi jalan yang agak buruk. Bukan karena jalanannya berlobang, tapi sangat bergelombang sehingga perjalanan sedikit menjadi kurang menyenangkan. Tapi karena sudah terbiasa dengan jalanan kota Lamongan yang saat itu memang agak kurang mulus, (bukan bermaksud apa-apa) jadinya tidak terlalu kaget dibuatnya.
Perjalanan yang tadinya kurang menyenangkan seketika hilang setelah disambut pantai di sekitar lokasi. Pantai ini tidak masuk dalam kawasan WBL, tapi tetap ramai pengunjung. Selain berdampingan langsung dengan jalan raya, lokasinya juga enak untuk bersantai sembari memandangi lautan lepas.

peta wahana wisata bahari lamongan
Sesampainya WBL, rasa pesimis sekali lagi mengisi kepala saya. Saya yang datang menggunakan motor harus parkir ditempat warga karena lahan parkir WBL sudah penuh, katanya. Tapi ya sudahlah, dulu juga pernah mengalami hal yang sama saat berkunjung ke Borobudur.
Karena saya berkunjung dimusim liburan, biaya tiket masuknya pun lumayan. Sebesar Rp.100.000,- per orang, lebih mahal dari hari biasa yang hanya Rp.70.000,-. dan akan berbeda lagi jika kita hendak membeli tiket paket ke maharani Zoo dan Goa.

Kesan pertama saat memasuki taman wahana WBL adalah, sangat mirip dengan di Dufan. Kita akan diajak berkeliling melalui jalun yang sudah di desain sedemikian rupa, sehingga kita bisa mencicipi semua wahana yang ada. Saya sendiri hanya menikmati beberapa wahana utama karena keterbatasan waktu.

pantai tanjung kodok
Menurut saya pribadi, ada beberapa wahana favorit yang wajib dicoba saat berkunjung kesini, diantaranya : Speed flip, 4D art, Drop zone, Ranger, Crazy car, bumper car, dan 3D Movie. Cukup menguras waktu untuk mencoba ke 7 wahana tersebut. . Selain banyaknya wahana, ditambah antriannya yang begitu panjang memang tidak mungkin jika harus mencoba semua wahana dalam satu hari.

antrean wahana istana boneka
Jika anda sudah pernah mencoba istana boneka di dufan, saya sarankan tidak mencobanya di WBL. Karena antreannya sungguh mengerikan, saya sendiri butuh 45 menit menunggu untuk bisa mencobanya. Untuk yang suka selfie, jangan lupa kunjungi 4D Art, didalamnya ada lukisan dinding yang tampak nyata jika di foto dengan sudut yang tepat.


Lukisan di 4D art
Untuk wahana adrenaline seperti crazy car atau speed flip sepertinya tidak perlu dibahas. Karena sensasinya jelas membuat kita deg deg serrr..hehehe. Buat anda yang kebetulan di kota Lamongan atau sengaja ingin kesini, jangan ragu deh, puas pokoknya. Sampai jumpa di next artikel.

Mari budayakan traveling sehat dengan bertingkah laku baik di tempat wisata, membuang sampah pada tempatnya, dan share dengan teman yang lain.
kalau artikel ini membantu mohon share dengan teman yang lain, atau klik halaman berikut untuk melihat artikel yang lain. Terima kasih ....

No comments:

Post a Comment