Monday 2 January 2017

Ke Kudus, Jangan Lupa ke Desa Wisata Rahtawu



M-site - Kota Kudus yang dari dahulu dikenal sebagai kota kretek, semakin hari semakin dikenal sebagai kota wisata. Bukan hanya wisata religi tentunya.. Kota yang diberikan anugrah kekayaan alam berupa gunung Muria ini, tentu saja menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Semakin hari semakin banyak saja destinasi wisata baru di kota Kudus.Salah satunya adalah desa wisata rahtawu. 


Terletak di kecamatan Gebog, destinasi yang satu ini menawarkan beragam tempat wisata, mulai dari air terjun, pertapaan tokoh pewayangan, sungai arus batu nganten, pendakian ke puncak 29 muria dan lain-lain.
Tidak semua tempat akan saya bahas karena memang tidak semuanya saya kunjungi, melainkan hanya sungai arus. Seperti desa wisata pada umumnya, desa wisata rahtawu juga sangat cocok untuk dijelajahi seharian. Sayang untuk penginapan di dekat lokasi masih sangat minim informasi.


Berapakah harga tiketnya masuknya? Tentu saja gratis. Lagipula, menurut saya akan sangat keterlaluan jika harus dikenakan tiket masuk hanya untuk melihat sungai. hehehe hanya dikenakan biaya parkir sebesar 3.000 rupiah. Sungai ini menjadi spot menarik bagi pengunjung, karena banyaknya spot bagus untuk berfoto ria. Namun harus tetap berhati-hati karena arus sungai ini sangat deras, terlebih lagi sesudah turun hujan.
Kalau mendadak lapar, terdapat juga warung makan didekat lokasi. Banyak juga pengunjung yang hanya sekedar istirahat sembari minum kopi karena dimusim hujan seperti saat saya berkunjung, udara disini menjadi dingin.


Untuk menuju air terjun, kita masih harus naik keatas lagi. Tapi tenang karena meskipun jalan menanjak, namun kondisi jalannya sudah beraspal mulus. Sayang karena kondisi hujan akhirnya saya urung mengunjungi air terjunnya, mungkin lain kali kita bahas diartikel terpisah.

Mari budayakan traveling sehat dengan bertingkah laku baik di tempat wisata, membuang sampah pada tempatnya, dan share dengan teman yang lain.
kalau artikel ini membantu mohon share dengan teman yang lain, atau klik halaman berikut untuk melihat artikel yang lain. Terima kasih ....

No comments:

Post a Comment