Saturday 8 March 2014

Mungkinkah Yamaha R15 di Jual 25 Jutaan?


Pagi-pagi dibuat terkejut artikel di TMCblog mengenai munculnya NJKB calon jagoan terbaru mereka. Di sebutkan kalau harga NJKB yamaha R15 hanya 18,1 juta, terpaut 600ribuan saja dari New Vixion Lightning. Sudah di jeberin juga sama wak haji mengenai kebiasaan YIMM memberikan harga OTR 25% dari harga NJKB. Jika itu memang benar maka kemungkinan besar yamaha R15 akan di jual di kisaran dibawah 23 juta.


Pertanyaannya, apakah itu mungkin dilakukan YIMM mengingat selisih harga sangat tipis dengan New Vixion. Apakah yamaha tidak takut harga tersebut akan merusak pasar New Vixion yang sudah terlanjur moncer?.
Sebenarnya dari dahulu kala petinggi YIMM sudah memberikan sinyal bahwa R15 akan dijual disekitaran 30 juta atau kebawah. Tapi jika itu benar, apa tidak terkesan over price?. Mengingat ini motor lokal, bukan motor import/build up.

Naaah... Ini hanya misal jika m-site punya duit 25 juta, dan memang benar yamaha R15 di hargai 25 jutaan. Apakah mutlak yang m-site beli adalah R15?. Belum tentu juga, tetap ada 2 kemungkinan pilih Vixion atau R15.

  • Alasan pilih R15. Karena dari dulu sudah ngebet dengan motor sport berdesain aduhai, dan kebetulan punya dana. Daripada beli Vixion, R15 punya banyak kelebihan dibanding Vixion misal full fairing, swing arm banana, 6 speed gearbox dll.
  • Alasan pilih Vixion. Karena kurang suka dengan motor model full fairing dan lebih suka dengan motor Naked. Dan lagi sisa duitnya bisa buat beli part unggulan milik R15, daripada beli motor fairing tapi dilepas supaya jadi motor naked. :-D
Apapun keputusan yang di ambil, toh akhirnya motor yamaha yang di beli. Untungnya juga YIMM yang dapat, malah peluang menggaet pembeli yang dulunya tidak suka motor Yamaha menjadi lebih besar.Kalaupun tidak jadi beli vixion toh akhirnya beli R15. motor yamah tetap laris...
(1) Menurut sodara sekalian kalau m-site membeli yamaha R15 dengan harga 30 juta, berapa besar kemungkinan m-site akan membeli Vixion?. Bisa di bilang mustahil, lah buat apa beli motor lagi yang secara desain, harga, dan performa lebih rendah?. Kesinpulannya selisih harga yang jauh tidak membuat orang akan membeli keduanya secara bersamaan.
(2) Kalau sebelumnya m-site sudah punya motor vixion atau yang lain. Lebih besar mana kemungkinan akan membeli R15 antara harga 25 jutaan dan 30 jutaan?. Ya jelas kemungkinan lebih besar akan membeli R15 jika di harga 25 jutaan.

Dari 2 point diatas, apakah R15 akan mengganggu pasar Vixion jika di jual di harga 25 jutaan?. Kalau menurut m-site sih TIDAK. Seperti yang dibilang petinggi YIMM, motor yamaha tidak ada saling kanibal karena semuanya memiliki pasar masing-masing. :-D Justru dengan harga murah kesempatan untuk laris lebih besar, bahkan tidak menutup kemungkinan rider yang sudah punya Vixion tertarik untuk membeli R15....lha murah je.. (bagi yang punya duit banyak tentunya.. :-D ) daripada beli fairingnya ja mahal?.

Tapi m-site masih berpegang teguh pada ucapan pentolan YIMM, bahwasanya Yamaha R15 akan di banderol 27-29 jutaan. Terlepas dari kesan Over Price, harga segitu masih cukup rasional dibanding  Over Pricenya kompetitor. hehehe....

2 comments:

  1. r15 kanggo opo bro..mesin2 viksen..malah tambah abot raiso mlayu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. paling tidak bisa menarik perhatian cewe-cewe bro..wkwkwkwkwk

      Delete