Saturday 29 August 2015

Taman Sari Goa Sunyaragi, Cirebon


Goa Sunyaragi, Cirebon

Ini adalah artiket terakhir terkait tema M-site Goes To Cirebon, dan destinasi terakhir yang saya kunjungi adalah Taman Sari Goa Sunyaragi. Sebenarnya masih ada dua tempat lainnya yang masuk daftar rencana tapi karena waktu yang tidak mencukupi akhirnya saya putuskan untuk menunda dua tempat tersebut, yaitu Pantai Tirtamaya dan pemandian Banyu Panas Palimanan.
Kalau selama ini goa identik dengan pegunungan, stalagmid dan stalagtid, berbeda dengan goa yang satu ini. Karena tempat ini memang goa buatan yang terletak di tengah kota. Dahulu gua ini merupakan tempat bermeditasi atau mencari ketenangan serta belajar bela diri bagi sultan-sultan Cirebon. 


Tiket masuk untuk hari biasa adalah 8.000 rupiah dan parkir motor 2.000 rupiah saja. Saat membeli tiket kita akan diminta mengisi daftar tamu dengan menuliskan nama, alamat, profesi dan lainnya. Di dalam area goa juga terdapat panggung terbuka yang biasa dijadikan tempat pertunjukan. Karena keindahannya lokasi ini juga sering dijadikan lokasi foto pre wedding bagi calon pengantin, tapi mungkin tiket masuknya akan berbeda.
pre wedding di goa sunyaragi
Saat saya berkunjung kemari sekitar jam setengah empat sore sebenarnya sedang sepi, tapi semakin sore semakin banyak pengunjung yang datang. Mungkin untuk menghindari panas mengingat lokasi yang berada di tempat terbuka dan terdiri dari tumpukan batu. 
Saat pertama masuk kita akan di sapa sepasang gapura dengan nuansa hindu, dan barulah kita akan dihadapkan dengan banyak sekali mulut gua dari yang ukurannya besar hingga yang kecil. Setiap pintu akan menuju pintu yang lain yang tidak akan anda sangka. Beberapa kali saya coba menyusuri satu persatu mulut gua yang ada, saya sempat terkejut karena tempus ke arah yang tidak saya duga sebelumya. Bisa sedikit membingungkan bagi mereka yang tidak berkonsentrasi xD.






Tidak semua cerita bisa di tumpahkan dalam sebuah artikel, semua akan menjadi lebih menarik jika kita mengunjunginya secara langsung. Dan ternyata tidak sia-sia perjuangan saya untuk mengunjungi kota wali di jawa barat ini. Tarikan yang saya rasakan ternyata mengarah kepada keindahan sejarah yang masih berdiri kokoh di tengah himpitan era modern. Saya sebagai orang yang suka jalan-jalan sangat nmerekomendasikan Cirebon sebagai lokasi tujuan wisata keluarga. Tetap lestarikan peninggalan leluhur... selamat berwisata...

No comments:

Post a Comment