Saturday 1 March 2014

Review Aplikasi Telegram


Tiba saatnya mencicipi aplikasi chat yang mirip dengan Whatsapp ini. Yup...Telegram.. Seperti apa keunggulannya? Yuk mari kita install..

Download via Play Store.
Ada yang aneh ketika m-site ketikkan keyword Telegram. Muncul beberapa aplikasi dengan nama yang sama, developer yang sama, tapi versi yang berbeda. Disini bukan versi pembaruan yang berbeda, melain official dan unofficial tapi dari developer yang sama. Kenapa ada versi Unofficial dari developer yang sama? (nilai minus dari m-site)



 Install aplikasi.
Lumayan kecil jika dibanding Whatsapp dan Messenger / BBM yaitu hanya 9 Mb. Aplhkasi ini juga berjalan ringan pada HH yang berspesifikasi pas-pasan. (nilai plus nih :-D )



Registrasi akun.
Sangat identik dengan Whatsapp, bahkan langkah registrasi dan tampilan sangat mirip. Hanya tema saya yang diganti warna biru dan sedikit customisasi. Sangat simple dan mudah dimengerti, apalagi untuk user yang sudah pernah registrasi Whatsapp dijamin familiar. ( nilai plus dari m-site )




Chat dan fitur.
Ketika dibuka dan memulai chat, lhah dalah ternyata plek dengan whatsapp. Benar-benar mirip sampai daftar emoticon pun sama plek. Bisa dibilang Cloningan Whatsapp untuk aplikasi satu ini. (karena tampilan sederhana dan user friendly, m-site kasih nilai plus )



Fitur unggulan lain.
Seperti yang pernah di singgung dalam artikel sebelumnya, Telegram memberikan kelebihan pada segi keamanan. Karena dibekali fitur enkripsi data, memungkinkan kerahasiaan file tetap terjaga. Terakhir yang m-site baca, cara kerja enkripsi adalah saat pesan dikirim akan dirubah dalam file dengan format berbeda. Setelah diterima server, file tersebut akan dikirim ke akun tujuan dan saat file diterima akan dirubah kembali dalam format seperti saat pengiriman. (gak jago jelasin, pasti yang baca bingung... Maklum baru belajar nulis :-D )
Satu lagi, Telegram grup memungkinkan penambahan anggota hingga 200 user. Jelas lebih unggul dari Whatsapp. 

Kesimpulan.
Yah begitulah yang bisa m-site tulis. Ada + dan - yang sangat wajar mengingat ini adalah aplikasi yang tergolong baru.
Nilai plus 5 vs Nilai minus 1
Sebenarnya ada 1 lagi yang ingin msite review, yaitu kecepatan mengirim pesan. Tapi sayang dikontak m-site tak ada yang online jadi semua pesan pending.
Kenapa dari awal selalu dibandingkan dengan whatsapp? Kenapa tidak dengan app lain?. Karena msite melihat kemiripan yang sangat identik dari kedua aplikasi tersebut. Jadi rasanya sangat adil jika di sandingkan. Sempat msite berpikir Telegram ini adalah aplikasi whatsapp yang di edit dari code source nya...hehehe

Telegram... Saat ini masih menjadi alternatif dari whatsapp. Tapi ketika suatu saat whatsapp bermasalah, Telegram adalah solusi.
Juozzz...

No comments:

Post a Comment